AP : Algoritma

Capaian Pembelajaran : ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN (AP)

praktik baik konsep pemrograman prosedural dalam salah satu bahasa pemrograman prosedural dan mampu program yang terstruktur dalam notasi algoritma atau notasi lain, berdasarkan strategi algoritmik yang tepat.


Lingkup Materi
Algoritma (diagram Alir dan Pesdocode)

Indikator Kompetentsi
Menerapkan praktik baik konsep pemrograman prosedural dalam salah satu bahasa pemrograman prosedural

Tingkat Kemampuan 
Membaca dan menulis 
Tujuan Pembelajaran 
Peserta didik mampu membaca dan menulis algoritma dengan notasi yang benar.



Algoritma adalah suatu kumpulan instruksi terstruktur dan terbatas yang dapat diimplementasikan dalam bentuk program komputer untuk menyelesaikan suatu permasalahan komputasi tertentu. Algoritma merupakan bentuk dari suatu strategi atau ‘resep’ yang kalian gunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. Algoritma lahir dari suatu proses berpikir komputasional oleh seseorang untuk menemukan solusi dari suatu permasalahan yang diberikan. Dengan demikian, berpikir komputasional merupakan keahlian yang kalian perlukan untuk dapat membuat algoritma, program, atau suatu karya
informatika yang dapat digunakan dengan efektif dan eisien.

Setelah kalian menganalisis suatu problem menggunakan teknik abstraksi dan dekomposisi lalu menyusun algoritma dengan melakukan pengenalan pola dari problem sejenis, algoritma tersebut harus direpresentasikan dalam bentuk yang dapat dipahami oleh orang lain. Selain itu, karena pada akhirnya
strategi tersebut akan diubah dalam bentuk kode program, algoritma harus ditulis dalam bentuk yang terdeinisi dengan baik (well-deined) dengan jumlah langkah yang terbatas. Algoritma adalah abstraksi dari sebuah program sehingga kemampuan menuliskan algoritma dengan baik akan membantu kalian dalam membuat program yang baik dan benar.

Pada bagian ini, kalian akan mempelajari dua cara untuk merepresentasikan algoritma, yaitu diagram alir dan pseudocode. Untuk itu, kalian perlu mempelajari teknik untuk membaca suatu algoritma (yang disebut penelusuran atau tracing) dan cara untuk menuliskan suatu algoritma. Perlu diingat bahwa menulis algoritma berbeda dengan menulis program. Program ditulis agar dapat dipahami oleh mesin, sedangkan algoritma ditulis agar dapat dipahami oleh manusia. Untuk program yang sederhana, algoritma akan sangat mirip, bahkan sama dengan program. Jika persoalan makin kompleks, algoritma hanya berisi abstraksi, yang akan mempermudah implementasinya menjadi program.

1. Diagram Alir

Diagram alir dibuat dalam bentuk aliran simbol yang dapat ditelusuri dari suatu titik permulaan hingga titik akhir dari program. Diagram alir dibuat menggunakan simbol standar ANSI/ISO yang beberapa simbol dasarnya diberikan pada Tabel 7.1.



Untuk memahami bagaimana diagram alir digunakan untuk menggambarkan suatu algoritma, pada bagian berikut, diberikan lima buah contoh diagram alir dari beberapa proses berpikir yang telah kalian kenal.



Contoh dalam kehidupan sehari-hari

Flowchart adalah presentasi grafis untuk menggambarkan proses spesifik sebuah algoritma. Pengaplikasiannya seperti berikut ini:

Perlu Bawa Payung?

Kamu akan melakukan aktivitas di luar rumah

1. Apakah hujan?
2. Jika tidak hujan, kamu tidak perlu bawa payung
3. Jika hujan, segera cari payung
4. Ketika payung sudah ketemu, bawa payungnya
5. Jika payung tidak ketemu pastikan apakah masih hujan dan akan kembali berputar ke poin 2 dan 3


contoh ke 2 





Pembelajaran.

GAME  : Setelah Peserta didik membaca dan memahami peserta didik maju ke depan perorangan dan menjelaskan ulang apa itu algoritma menggunakan bahasa sendiri yang dimengeri oleh siswa.


Alternatif :

Jika materi belum dikuasai oleh peserta didik, bisa dibuat kelompok untuk persentasi didepan dengan menampilkan contoh algortma yang berbeda.


Expert Praktek: 

Untuk tingat lanjut peserta didik bisa diberikan paraktek untuk membuat alur algoritama bisa dikaitkan dengan masalah yang ada pada kelompok atau membuat algoritma dalam kehidupan sehari-hari menggunakan aplikasi word. 

Contoh Praktek

1. Cover dengan tema Algoritma 

2. Teks urutan proses yang akan dibuat algoritma

3. Gambar Flowchart yang dibuat.


Penguatan dengan Prodi:

Peserta didik melakukan persentasi mengenai aktifitas praktek dengan meneliti apasaja aktifitas dan mencari materi setelah itu pilih salah satu produk yang dihasilkan dari bahan baku yang sudah dipelajari dan buat algoritma dari proses pembuatan produk tersebut dan dipersentasikan.


Sumber : 
Buku Informatika
BAB 7 ALGORITMA & PEMOGRAMAN 
Hal 137



Haikal Adli
Haikal Adli Guru Informatika haikaladli.com